Langsung ke konten utama

aLamaKna: Ide

Ada cerpen karya Taufik el Hakim, penulis Mesir peraih Nobel. Diceritakan, tengah malam dia terbangun oleh suara yang mengaku sebagai 'ide' dan selanjutnya el Hakim berdialog dengan 'ide'. Percakapan tersebut menarik dimana 'ide' meminta dijadikan nyata dalam karya, sementara el Hakim tak tahu mesti melakukan apa. Mereka saling berkata-kata, berdebat, tanya-jawab, sampai akhirnya 'ide' itu menghilang tak berbekas dan el Hakim tersadar kelahiran idenya gugur karena dia sendiri. Percakapan absurd, itulah hebatnya el Hakim.

Ide adalah gagasan, yang sering digambarkan di film secara komikal dengan lampu pijar menyala di atas kepala, bunyi 'cling' dan ahaaa! Sampai ada yang menyebut istilah 'ide cemerlang'. Perumpamaan lain, bahwa tanpa ide seperti berada di kamar gelap. Sebelum ide lahir mungkin perlu melamun, menyepi, jalan-jalan, lihat matahari tenggelam, menatap monitor laptop, sembari merokok, ada di WC dll. Atau seperti yang terjadi pada el Hakim, ide datang tiba-tiba mengetuk kepala. Itu yang namanya inspirasi, bukan wangsit. Selanjutnya ide berkaitan dengan karya. Suatu karya merupakan realisasi rancang-bangun dengan cetak-biru adalah ide.

Idelah yang menggerakkan seseorang untuk mencipta dan mengolah sumber-daya dengan kemampuan dan kemauan. Bagi arsitek mungkin garis-garis samar di kepala dipertegas dengan arsiran tajam ujung pensil. Bagi penulis barangkali kata-kata yang meloncat-loncat di depan mata dirangkai menjadi kalimat dan cerita.

Yang punya ide cemerlang dan daya-cipta hebat seperti memiliki sentuhan midas. Contohnya Steve Jobs dengan kebun Apple. Dan kita punya agan Andrew Darwis yang kasak kusuk ramai dibicarakan. Mereka inovator, punya visi dengan kemampuan merealisasikan gagasan dengan lebih baik.  Seringkali inovator lebih baik daripada inventor. 

Ada seorang motivator berkata, "Kreatif tidaklah mesti menemukan hal baru, tapi melakukan hal yang sama dengan cara berbeda." Orang Jepang mengerti benar filosofi ini. Mereka bukan bangsa yang kaya gagasan (baru) tapi hebat pada ketekunan. Yang menemukan mobil bukan Sakichi Toyoda tapi Henry Ford. Mereka berpegang pada inovasi dan kreasi, tidak semata pada ide.

Asalkan tidak jadi epigon.



27 Mei 2011

Komentar

Postingan populer dari blog ini

aLamaKna: Peran

Karl Heinrich Marx adalah sang sosialis, tepatnya pengkritik kapitalisme. Dari sosialisme berlanjut dengan modifikasinya jadi komunisme, stalinisme, maoisme, dan bahkan marhaenisme. Karl Marx identik sebagai seorang filsuf, penggagas sosialisme. Padahal dia juga ekonom, sejarawan, bahkan jurnalis disamping sosiolog yang punya teori tentang kejahatan/kriminal. Yang menjadikan seseorang sejarawan adalah keahlian atau cukup adanya minat lebih dia terhadap (ilmu) sejarah. Senada dengan definisi sosiolog, sederhananya ganti saja kata sejarah pada pengertian tadi dengan kata sosial. Seiring waktu, kita kini mengenal, atau bisa jadi dikenalkan, secara sederhana Karl Marx sebagai filsuf saja. Hanya jika kita membaca biografinya di wikipedia atau tulisan sejarah, kita akan mendapat info dia lebih dari sekadar filsuf. Hal tersebut seperti kita mengenal Benjamin Franklin sebagai Presiden AS. Padahal Franklin adalah ilmuwan sekaligus penulis juga penemu bahkan negarawan serta diplomat. Kata

aLamaKna: Perjalanan

Kau harus mendapat tempat duduk yang pas untuk bisa nyaman. Di pinggir dekat jendela kau bisa melihat pemandangan indah di luar. Hijau pepohonan, kuning padi, atau deretan bangunan berkilas seperti film terlihat dari jendela kereta atau bis. Awan menggumpal, langit biru atau kerlip lampu saat malam di darat tampak dari jendela pesawat. Laut bergelombang, garis cakrawala, atau ikan lumba-lumba berenang berkejaran ada di pandangan mata dari kapal laut. Tapi tempat duduk yang nyaman bukan sebatas soal posisi. Kata orang bijak kau harus mendapati orang yang tepat untuk perjalananmu.   Saat berpergian jauh sendirian para cowok jomblo berharap yang di sebelah adalah cewek cantik. Perjalanan jauh dan memakan waktu lama bisa tidak terasa jika diisi dengan obrolan. Tonton saja film Before Sunset. Jika tak pernah menonton film tersebut, maka cukup tonton film AADC 2 yang konon terinspirasi (atau mengambil konsep) dari film Before Sunset. Bagi cowok jomblo, mendapat teman perjalanan di seb

aLamaKna: Sepakbola

Yang Spesial, Mourinho, berseteru lagi. Kata 'lagi' cukup menjelaskan bahwa ini bukan yang pertama. Sejak menjejakkan diri di ranah Inggris dengan menangani Chelsea dia sudah menunjukkan kemampuan strategis di dalam dan, tentu saja, di luar lapangan. Kali ini dia mengawali dengan sindiran "badut" melalui media. Itu jelas pancingan, kepada Klopp dan Conte. Bukan Mou kalau tidak cari rusuh dan musuh. Yang merespon cuma dan hanya Conte. Mou, panggilan Mourinho, dikenal pelatih/manajer cum 'psikolog hebat'. Kemampuan perang urat saraf tak diragukan, emosi musuh campur aduk. Taktis dan dinamis bertolak belakang dengan pilihan strategi permainannya. Dia bisa diam cuek lantas tiba-tiba berkomentar tajam, kepada pelatih lawan bahkan ke pemain sendiri. Conte masuk perangkap. Jelas Mou sudah menyiapkan jawaban-jawaban atas (apapun) respon Conte. Dia sudah menghapal skrip yang dia susun. Di akhir-akhir Conte mati kutu, dengan kepala mendidih, cuma bisa bilang "s