Langsung ke konten utama

aLamaKna: Komunikasi

Dulu ada kuis dengan aturan permainan sederhana yaitu menyampaikan satu kata tersembunyi dengan petunjuk kata-kata dari masing-masing peserta. Orang pertama tahu satu kata tersembunyi. Kata tersebut harus ditebak orang kedua berdasar kata-petunjuk dari orang pertama. Jika berhasil ditebak, maka berlanjut ke yang berikutnya sampai orang kelima. Sederhana saja tapi dengan catatan, petunjuk yang digunakan orang pertama sampai terakhir harus berbeda, tidak mengulang kata dari petunjuk yang sudah disebutkan.

Tak dibolehkan ada gerak tubuh/gestur untuk menggambarkan kata yang disembunyikan. Hanya lisan yang harus diberikan secara beruntun. Sinonim, antonim atau kata-petunjuk intrinsik lain. Ternyata sulit, namun cukup menarik. Lebih sering tak sampai peserta keempat sudah gagal karena ada pengulangan kata atau peserta terlalu ekspresif menggerakkan tangan secara spontan. Kuis ini merupakan bentuk komunikasi searah, yang menguji kemampuan berbahasa peserta, berkata-kata atau lebih tepat mengukur perbendaharaan kata (kosakata).

Kata-kata diucapkan sebagai salah satu bentuk komunikasi. Manusia berbahasa untuk menyampaikan maksud. Marah, kesal, bertanya, menolak, merajuk dan lain-lain bisa dilisankan atau secara khusus bisa diketahui lewat gerak tubuh. Tiap kata yang diucapkan bersamaan dengan gestur atau paling tidak raut muka, para ahli menyebutnya ekspresi nonverbal. Seseorang yang berbohong pupil mata akan membesar atau mengusap leher bagian belakang atau gestur tangan (tanpa disadari) mencoba menutup mulut.

Meski secara umum gerak tubuh manusia dalam berkomunikasi bisa diartikan langsung, tapi dalam beberapa kasus budaya setempat berperan. Di Indonesia, bahkan secara umum di belahan dunia manapun, orang menggelengkan kepala berarti penolakan. Tapi, sebaliknya di Albania menggelengkan kepala malah berarti mengiyakan. Gerakan tubuh (ala tarzan) cukup berguna jika kita tersesat di luar negeri dengan kondisi tak bisa berbahasa setempat dan kita mesti menanyakan jalan kepada orang di sana. Gestur, grafiti di jalanan, semaphore juga sebentuk perantara komunikasi selain bahasa lisan.

Seberapa penting bahasa dalam komunikasi?

Bahasa adalah perantara interaksi atau komunikasi antar manusia, antara A dan B yang bertukar pikiran atau sekadar obral obrol dan menanyakan kabar. Percakapan bisa dimulai dengan, "Cuaca cerah hari ini. Enak buat ngadem nih". Percakapan bisa terjadi di mana saja dan kapan saja. Percakapan bisa saja ringan atau sekadar basa-basi. Jika sudah mengarah ke pertukaran ide atau opini, maka jadilah diskusi atau dialog (meski tak perlu bertemakan berat semacam obrolan politik(us)).

Dialog terjadi jika masing-masing pihak membuka pikiran. Tidak ada penolakan (wicara) langsung dan upaya saling menjatuhkan. Repot kalau ucapan netral dari A direspon B dengan sikap atau pernyataan defensif, komunikasi bisa gagal terjadi. Sama repot seperti istri yang tiba-tiba diam ngambek ke suaminya atau seorang pemimpin coba mengerti keinginan bawahan tanpa ada komunikasi lisan. Bawahan yang punya kritikan tak perlu membuat surat resmi kepada atasannya yang cuma berjarak tiga meja. Jika terjadi, entah itu termasuk gagal berkomunikasi atau komunikasi yang gagal.

Kenyataannya tak ada komunikasi dari hati ke hati dengan diam tak berkata-kata. Bahkan dengan berkata-kata pun masih bisa percakapan gagal mengkomunikasikan. Kita perlu tahu, "Mari ngeteh, mari bicara", gimmick iklan teh ternyata adalah tentang pentingnya komunikasi. Dialog adalah tentang berbicara dan, tentu saja, mendengar. Namun, konon bahwa indera paling objektif adalah telinga dan mendengar adalah aktivitas yang cukup sulit dilakukan oleh sebagian besar manusia.

Kalau tiap pihak dalam dialog merasa benar tanpa ada celah untuk menerima pendapat lawan bicara dan malah saling bersuara tanpa mendengar, maka itu lebih tepat disebut dua-log bukan dialog. Seperti contoh acara debat antar orang berjas berdasi di salah satu stasiun televisi. Komunikasi diartikan antar mulut saja bukan pada (bukti) tindakan atau fakta. Masing-masing pihak cuma menaikkan volume suara. Dan pemirsa bisa menekan tombol mute atau pindah channel atau tetap menonton sambil makan popcorn dan tepuk tangan.

Komunikasi gagal jika para pihak tidak cakap berbahasa. Juga gagal jika satu pihak menebak-nebak maksud atau arah pembicaraan. Seperti hal kuis di awal. Berkata-kata, menekankan ucapan, intonasi atau memilih dan memilah kata. Gestur melengkapi lisan dalam komunikasi. Gerak tangan bisa menggambarkan sekaligus menekankan pada kata-kata dimaksud. Kalau sudah gerak tangan terlampau aktif dan bergerak seperti ingin menonjok, lebih baik percakapan dihentikan.

Ada petuah bijak yang menyebutkan agar jangan berdebat dengan seseorang meski kau benar. Karena bagi orang lain yang melihat, itu tetap saja terlihat seperti perdebatan dua orang bodoh. Apalagi debat kusir, yang mungkin dahulu adalah debat para kusir yang sedang mengendali kuda supaya baik jalannya. Tidak baik berkendara sambil berdebat.



Samarinda, 23 September 2012

Komentar

Postingan populer dari blog ini

aLamaKna: Peran

Karl Heinrich Marx adalah sang sosialis, tepatnya pengkritik kapitalisme. Dari sosialisme berlanjut dengan modifikasinya jadi komunisme, stalinisme, maoisme, dan bahkan marhaenisme. Karl Marx identik sebagai seorang filsuf, penggagas sosialisme. Padahal dia juga ekonom, sejarawan, bahkan jurnalis disamping sosiolog yang punya teori tentang kejahatan/kriminal. Yang menjadikan seseorang sejarawan adalah keahlian atau cukup adanya minat lebih dia terhadap (ilmu) sejarah. Senada dengan definisi sosiolog, sederhananya ganti saja kata sejarah pada pengertian tadi dengan kata sosial. Seiring waktu, kita kini mengenal, atau bisa jadi dikenalkan, secara sederhana Karl Marx sebagai filsuf saja. Hanya jika kita membaca biografinya di wikipedia atau tulisan sejarah, kita akan mendapat info dia lebih dari sekadar filsuf. Hal tersebut seperti kita mengenal Benjamin Franklin sebagai Presiden AS. Padahal Franklin adalah ilmuwan sekaligus penulis juga penemu bahkan negarawan serta diplomat. Kata

aLamaKna: Perjalanan

Kau harus mendapat tempat duduk yang pas untuk bisa nyaman. Di pinggir dekat jendela kau bisa melihat pemandangan indah di luar. Hijau pepohonan, kuning padi, atau deretan bangunan berkilas seperti film terlihat dari jendela kereta atau bis. Awan menggumpal, langit biru atau kerlip lampu saat malam di darat tampak dari jendela pesawat. Laut bergelombang, garis cakrawala, atau ikan lumba-lumba berenang berkejaran ada di pandangan mata dari kapal laut. Tapi tempat duduk yang nyaman bukan sebatas soal posisi. Kata orang bijak kau harus mendapati orang yang tepat untuk perjalananmu.   Saat berpergian jauh sendirian para cowok jomblo berharap yang di sebelah adalah cewek cantik. Perjalanan jauh dan memakan waktu lama bisa tidak terasa jika diisi dengan obrolan. Tonton saja film Before Sunset. Jika tak pernah menonton film tersebut, maka cukup tonton film AADC 2 yang konon terinspirasi (atau mengambil konsep) dari film Before Sunset. Bagi cowok jomblo, mendapat teman perjalanan di seb

aLamaKna: Sepakbola

Yang Spesial, Mourinho, berseteru lagi. Kata 'lagi' cukup menjelaskan bahwa ini bukan yang pertama. Sejak menjejakkan diri di ranah Inggris dengan menangani Chelsea dia sudah menunjukkan kemampuan strategis di dalam dan, tentu saja, di luar lapangan. Kali ini dia mengawali dengan sindiran "badut" melalui media. Itu jelas pancingan, kepada Klopp dan Conte. Bukan Mou kalau tidak cari rusuh dan musuh. Yang merespon cuma dan hanya Conte. Mou, panggilan Mourinho, dikenal pelatih/manajer cum 'psikolog hebat'. Kemampuan perang urat saraf tak diragukan, emosi musuh campur aduk. Taktis dan dinamis bertolak belakang dengan pilihan strategi permainannya. Dia bisa diam cuek lantas tiba-tiba berkomentar tajam, kepada pelatih lawan bahkan ke pemain sendiri. Conte masuk perangkap. Jelas Mou sudah menyiapkan jawaban-jawaban atas (apapun) respon Conte. Dia sudah menghapal skrip yang dia susun. Di akhir-akhir Conte mati kutu, dengan kepala mendidih, cuma bisa bilang "s