Langsung ke konten utama

aLamaKna: Sampul

Pemilihan DKI-1 sudah lewat. Jadi sorotan se-Indonesia. Yang terpilih kita sudah sama-sama tahu sosoknya. Ada anggapan bahwa dia tak punya tampang untuk jadi seorang Gubernur Provinsi, terlebih untuk wilayah sekelas Ibukota negara yang jadi etalase negara. Lah, koki Juna juga sebenarnya tak punya tampang untuk jadi tukang-masak, malah menurut saya lebih pantas jadi tukang-pukul. Tapi, nyatanya dia jadi terkenal sebagai koki-selebriti. Meski beda konteks, dari dua hal tersebut kita jadi diyakinkan, "Don't judge the book by its cover", jangan menilai buku dari sampulnya. 

Buku yang punya isi sekalipun tak pernah menelanjangi dirinya tanpa sampul. Tentu saja sampul itu penting. Terlebih jika kita pergi ke toko buku. Berniat beli buku dari sekian banyak buku, penasaran isi salah satu buku yang kita anggap menarik, tapi tak diperkenankan buka bungkus plastiknya. Yang bisa terlihat cuma sampulnya. Kalau cukup berani, sih, bisa saja sobek bagian bawah bungkus plastik dengan menekuk bukunya, ambil buku dari bungkusnya perlahan. Semoga tak ketahuan penjaga toko. jadi, mau tak mau yang kita lirik pertama kali adalah sampulnya, bukan penjaga tokonya!! 

Banyak buku dengan judul provokatif, mengundang rasa ingin tahu (bikin penasaran), disertai kontroversi, atau dengan label, "best seller", "bacaan cerdas", "buku pilihan", dll, tentu saja demi menarik minat baca. Atau, lebih tepatnya untuk dibeli. Soal nanti setelah dibaca ternyata tak cukup bisa kita kategorikan sebagai layak baca, itu soal selera. Atau justru label best seller pada buku tsb punya ukuran tersendiri yang ganjil. Sebenarnya aneh juga kalau ada buku baru terbit langsung pasang label 'best seller'. Kenyataanya kini memang ada demikian, malah cukup banyak. 

Ada juga buku dengan judul bahasa Inggris tapi, kok, isinya tetap saja berbahasa Indonesia. Saya jadi ingat pernyataan Yusril Ihza Mahendra saat disentil lawan-politiknya dalam debat (bakal) calon presiden tahun 2004, kenapa Yusril yang tak becus berbahasa Inggris berani maju mencalonkan diri. Yusril merespon, kenapa juga harus ngomong (campur) bahasa Inggris, memang mau jadi Presiden Amerika. Barangkali lawan politiknya cuma mau menyampuli dirinya dengan kekenesan atribut (bahasa) saja. Hal tersebut mengingatkan saya pada Nelson Mandela dengan pernyataan, "Jika Anda berbicara kepada seseorang menggunakan bahasa yang ia mengerti, kata-kata itu akan tersimpan di kepalanya. Namun, jika Anda berbicara dengan seseorang menggunakan bahasa yang ia gunakan, kata-kata itu akan tersimpan di hatinya". 

Sama seperti buku, (calon) pemimpin kita juga coba menarik perhatian dengan cara 'menyampuli' dirinya. Macam-macam, mulai dari gelar akademik (meskipun HC) sampai tampilan gagah dan bersahajanya. Selalu yang positif tanpa cela. Kata seorang pengamat politik, pencitraan itu perlu. Ada dua jenisnya, pencitraan positif dan pencitraan kosong. Positif jika pencitraan yang diberikan ke umum memang adanya demikian. Tapi, kosong jika yang dicitrakan malah tidak benar sesuai kenyataan atau malah sebaliknya. 

Psikolog menyatakan manusia perlu dan memang ada dalam atributnya masing-masing. Atribut tak cuma jam tangan perlente, baju modis, celana panjang mahal, dasi berkelas, dll yang tampak. Termasuk jabatan, gelar maupun pengakuan dan pencapaian. Itu terkait aktualisasi diri. Aktualisasi derajat manusia Indonesia salah satunya dari gelar haji. Mumpung lebaran-haji sebentar lagi, mari doakan para jamaah haji kita sekembali dari Tanah Suci jadi haji mabrur dan tidak perlu bikin KTP baru. 

Hal yang menarik dari gelar sebagai atribut adalah, seorang insinyur tak mesti jadi arsitek, seorang sarjana kehutanan boleh saja jadi Walikota atau 'cuma' jadi tukang kayu dan seorang akuntan bisa saja jadi tukang-jaga-gudang. Soekarno adalah seorang insinyur dan Lech Walesa, presiden Polandia medio awal 90an, adalah seorang tukang-listrik! Kini era ketika buku yang laris adalah bersampulkan desain yang unik, berciri khas sendiri, tak mesti mengaku 'best seller', atau istilah gaulnya, 'tak mainstream'. Karena yang mainstream terlalu biasa.

Ini bukan paradoks, ironi atau menyelewengkan ilmu (keluar dari jalur), tapi soal kepedulian dan kapasitas. Seorang ustadz menyatakan bahwa dia tak habis pikir kenapa banyak lulusan Universitas Al Azhar Mesir malah jadi pengusaha kecil bahkan pedagang. Mungkin dia lupa, ladang amal tak cuma dari suara (dakwah), tapi tindakan amaliah dalam keseharian. Ada kisah seorang pengusaha non-muslim yang jadi mualaf 'hanya' karena melihat anak buahnya rajin solat meski sibuk bekerja. 

Kembali ke hal pemilihan pemimpin, saya jadi ingat saat kecil pertama kali tahu ada pemilihan kepala desa. Dulu calon kepala desa kami dipilih dengan pencoblosan juga. Tapi, yang dicoblos adalah gambar seperti terong, labu, kelapa, dan sayuran lain dengan nomor urut dan nama masing-masing mewakili tiap calon kades. Lucu juga, tak ada foto calon kades yang dipajang besar untuk kampanye dan jadi ajang narsis. Lucu juga, ini seperti memilih kucing dalam karung. Atau malah, lucu juga bisa memungkinkan ada kampanye menyampuli-diri, "Pilih Haji A, juragan terong yang menyukseskan program terong murah". 



Samarinda, 22-25 Oktober 2012

Komentar

Postingan populer dari blog ini

aLamaKna: Peran

Karl Heinrich Marx adalah sang sosialis, tepatnya pengkritik kapitalisme. Dari sosialisme berlanjut dengan modifikasinya jadi komunisme, stalinisme, maoisme, dan bahkan marhaenisme. Karl Marx identik sebagai seorang filsuf, penggagas sosialisme. Padahal dia juga ekonom, sejarawan, bahkan jurnalis disamping sosiolog yang punya teori tentang kejahatan/kriminal. Yang menjadikan seseorang sejarawan adalah keahlian atau cukup adanya minat lebih dia terhadap (ilmu) sejarah. Senada dengan definisi sosiolog, sederhananya ganti saja kata sejarah pada pengertian tadi dengan kata sosial. Seiring waktu, kita kini mengenal, atau bisa jadi dikenalkan, secara sederhana Karl Marx sebagai filsuf saja. Hanya jika kita membaca biografinya di wikipedia atau tulisan sejarah, kita akan mendapat info dia lebih dari sekadar filsuf. Hal tersebut seperti kita mengenal Benjamin Franklin sebagai Presiden AS. Padahal Franklin adalah ilmuwan sekaligus penulis juga penemu bahkan negarawan serta diplomat. Kata

aLamaKna: Perjalanan

Kau harus mendapat tempat duduk yang pas untuk bisa nyaman. Di pinggir dekat jendela kau bisa melihat pemandangan indah di luar. Hijau pepohonan, kuning padi, atau deretan bangunan berkilas seperti film terlihat dari jendela kereta atau bis. Awan menggumpal, langit biru atau kerlip lampu saat malam di darat tampak dari jendela pesawat. Laut bergelombang, garis cakrawala, atau ikan lumba-lumba berenang berkejaran ada di pandangan mata dari kapal laut. Tapi tempat duduk yang nyaman bukan sebatas soal posisi. Kata orang bijak kau harus mendapati orang yang tepat untuk perjalananmu.   Saat berpergian jauh sendirian para cowok jomblo berharap yang di sebelah adalah cewek cantik. Perjalanan jauh dan memakan waktu lama bisa tidak terasa jika diisi dengan obrolan. Tonton saja film Before Sunset. Jika tak pernah menonton film tersebut, maka cukup tonton film AADC 2 yang konon terinspirasi (atau mengambil konsep) dari film Before Sunset. Bagi cowok jomblo, mendapat teman perjalanan di seb

aLamaKna: Sepakbola

Yang Spesial, Mourinho, berseteru lagi. Kata 'lagi' cukup menjelaskan bahwa ini bukan yang pertama. Sejak menjejakkan diri di ranah Inggris dengan menangani Chelsea dia sudah menunjukkan kemampuan strategis di dalam dan, tentu saja, di luar lapangan. Kali ini dia mengawali dengan sindiran "badut" melalui media. Itu jelas pancingan, kepada Klopp dan Conte. Bukan Mou kalau tidak cari rusuh dan musuh. Yang merespon cuma dan hanya Conte. Mou, panggilan Mourinho, dikenal pelatih/manajer cum 'psikolog hebat'. Kemampuan perang urat saraf tak diragukan, emosi musuh campur aduk. Taktis dan dinamis bertolak belakang dengan pilihan strategi permainannya. Dia bisa diam cuek lantas tiba-tiba berkomentar tajam, kepada pelatih lawan bahkan ke pemain sendiri. Conte masuk perangkap. Jelas Mou sudah menyiapkan jawaban-jawaban atas (apapun) respon Conte. Dia sudah menghapal skrip yang dia susun. Di akhir-akhir Conte mati kutu, dengan kepala mendidih, cuma bisa bilang "s