Langsung ke konten utama

aLamaKna: Presiden

Pembahasan tentang pemimpin negeri ini (kembali) ramai dibicarakan saat ini. Riuh rendah pemilihan Presiden sudah kita lalui dan kita ketahui hasilnya. Bahkan sebelum hari H pemilihan, keramaian siapa calon pemimpin negeri ini sudah heboh menjadi viral di dunia maya. Menjelang hari H pencoblosan perang urat syaraf, argumen, cuap antar pendukung lebih panas daripada konflik Mourinho dan Wenger maupun pendukung Real Madrid dan Barcelona. Dan kini, pelantikan telah mengesahkan siapa pemimpin negeri ini.

Satu kata penuh hal, Presiden. Kata tersebut disebut berulang kali dalam obrolan di tempat kerja bahkan media sosial. Kata yang jadi tema renyah untuk jadi guyonan di Stand-Up Comedy. Saya jadi ingat pelajaran Biologi saat mendengar kata tersebut, barangkali Presiden sejenis dengan spesies, banyak macamnya. Faktanya ada presiden negara, presiden partai, presiden direktur sampai dengan presiden mahasiswa. Lantas apa yang membedakan di antara semuanya? Bisa dijawab dengan hal lingkup kekuasaannya, bidang kerjanya, cara pemilihan, acara pelantikan atau cukup dengan jawaban singkat, gengsinya. Yang sama adalah tentang adanya kekuasaan. Meski masing-masing lingkup kekuasaannya berbeda.

Debat hebat digelar, ada penyampaian visi dan misi serta aksi. Kampanye diadakan untuk pengenalan masing-masing calon presiden. Di negeri seribu satu masalah ini jadi Presiden negara tetap saja diperebutkan melebihi Indonesian Idol. Meski yang pasti sang presiden kelak menambah kantung-mata selama dia menjabat. Meski yang pasti jam santai dia akan berkurang. Di Indonesia yang jadi presiden harus bisa menyelesaikan problem ‘kecil’ semisal kemacetan jalan sampai problem pelik korupsi. Tujuannya memenuhi harapan tiap kepala penduduk negeri yang (belajar) berdemokrasi ini. Demokrasi lekat dengan demonstrasi. Kedua kata tersebut senada tapi salah satunya bisa jadi fals atau sumbang.

“Siap-siap didemonstrasi sajalah, Pak!” kata seseorang nun jauh di sana. Ada cela sedikit bersiaplah dikritik. Kritik dan kripik sama-sama renyah. Itulah sebab kritik terdengar kriuk. Tidak ada toleransi untuk kesalahan kecil, wahai Pak Presiden. Semua mata memperhatikan terarah ke sang Presiden, semua (merasa) berhak mengkritik. Demokrasi adalah kebersamaan. Mengkritik tapi adillah, tidak ada manusia sempurna di dunia ini. Presiden juga adalah bagian dari Famili Homonidae, Kingdom Animalia dalam pelajaran Biologi. Jika mencari kesempurnaan, mungkin hanya nabi yang lebih pantas duduk di kursi panas Istana Negara. Tapi, nabi yang derajatnya lebih baik dari kebanyakan orang tetap saja ada yang tak suka. Pandangan positifnya, bukan kritik, mungkin semua orang hanya coba mengingatkan saja. Barangkali saking banyak kerjaan, presiden lupa mana prioritas, mana yang terlewatkan. Mengingatkan bahwa jabatan presiden adalah amanah sekian ratus juta penduduk Republik Indonesia.

Bagi yang masih mahasiswa jangan demo terlebih dulu ya! Untuk sementara bisa belajar memperebutkan jadi Presiden Mahasiswa alias presma sebelum jadi Presiden Negara. Yang membedakan antara kedua jabatan presiden tersebut salah satunya adalah hembusan isunya. Tentang pemilihan presma hanya sebatas obrolan di kampus dan kantin kampus atau paling banter dibahas di koran kampus. Pemilihan presiden sebuah negara heboh di berbagai media massa dalam dan luar negeri, cetak dan elektronik, bahkan obrolan di warung kopi dan obrolan tukang becak. Melebihi selebriti papan atas. Kata presiden ada yang memelesetkan menjadi pesinden. Mungkin karena sama-sama dilihat banyak mata pada gerak-geriknya. Tapi, gerak-gerik pelantikan presiden lebih heboh dilihat jutaan mata dan tentu saja wah.


Samarinda, 20 Oktober 2014

Komentar

Postingan populer dari blog ini

aLamaKna: Peran

Karl Heinrich Marx adalah sang sosialis, tepatnya pengkritik kapitalisme. Dari sosialisme berlanjut dengan modifikasinya jadi komunisme, stalinisme, maoisme, dan bahkan marhaenisme. Karl Marx identik sebagai seorang filsuf, penggagas sosialisme. Padahal dia juga ekonom, sejarawan, bahkan jurnalis disamping sosiolog yang punya teori tentang kejahatan/kriminal. Yang menjadikan seseorang sejarawan adalah keahlian atau cukup adanya minat lebih dia terhadap (ilmu) sejarah. Senada dengan definisi sosiolog, sederhananya ganti saja kata sejarah pada pengertian tadi dengan kata sosial. Seiring waktu, kita kini mengenal, atau bisa jadi dikenalkan, secara sederhana Karl Marx sebagai filsuf saja. Hanya jika kita membaca biografinya di wikipedia atau tulisan sejarah, kita akan mendapat info dia lebih dari sekadar filsuf. Hal tersebut seperti kita mengenal Benjamin Franklin sebagai Presiden AS. Padahal Franklin adalah ilmuwan sekaligus penulis juga penemu bahkan negarawan serta diplomat. Kata

aLamaKna: Perjalanan

Kau harus mendapat tempat duduk yang pas untuk bisa nyaman. Di pinggir dekat jendela kau bisa melihat pemandangan indah di luar. Hijau pepohonan, kuning padi, atau deretan bangunan berkilas seperti film terlihat dari jendela kereta atau bis. Awan menggumpal, langit biru atau kerlip lampu saat malam di darat tampak dari jendela pesawat. Laut bergelombang, garis cakrawala, atau ikan lumba-lumba berenang berkejaran ada di pandangan mata dari kapal laut. Tapi tempat duduk yang nyaman bukan sebatas soal posisi. Kata orang bijak kau harus mendapati orang yang tepat untuk perjalananmu.   Saat berpergian jauh sendirian para cowok jomblo berharap yang di sebelah adalah cewek cantik. Perjalanan jauh dan memakan waktu lama bisa tidak terasa jika diisi dengan obrolan. Tonton saja film Before Sunset. Jika tak pernah menonton film tersebut, maka cukup tonton film AADC 2 yang konon terinspirasi (atau mengambil konsep) dari film Before Sunset. Bagi cowok jomblo, mendapat teman perjalanan di seb

aLamaKna: Sepakbola

Yang Spesial, Mourinho, berseteru lagi. Kata 'lagi' cukup menjelaskan bahwa ini bukan yang pertama. Sejak menjejakkan diri di ranah Inggris dengan menangani Chelsea dia sudah menunjukkan kemampuan strategis di dalam dan, tentu saja, di luar lapangan. Kali ini dia mengawali dengan sindiran "badut" melalui media. Itu jelas pancingan, kepada Klopp dan Conte. Bukan Mou kalau tidak cari rusuh dan musuh. Yang merespon cuma dan hanya Conte. Mou, panggilan Mourinho, dikenal pelatih/manajer cum 'psikolog hebat'. Kemampuan perang urat saraf tak diragukan, emosi musuh campur aduk. Taktis dan dinamis bertolak belakang dengan pilihan strategi permainannya. Dia bisa diam cuek lantas tiba-tiba berkomentar tajam, kepada pelatih lawan bahkan ke pemain sendiri. Conte masuk perangkap. Jelas Mou sudah menyiapkan jawaban-jawaban atas (apapun) respon Conte. Dia sudah menghapal skrip yang dia susun. Di akhir-akhir Conte mati kutu, dengan kepala mendidih, cuma bisa bilang "s